Tuesday, February 21, 2017

Resep Donat Kentang Spesial Dari Tepung Kentang

Cara membuat resep donat kentang empuk anti bantat dari tepung kentang. Ceritanya punya kelebihan tepung kentang dan bingung mau dibuat apa. Ternyata dapat ide kenapa tidak dibikin resep donat kentang pake tepung kentang aja ya. Penasaran dan pengen tahu bagaimana hasilnya kalau pakai tepung kentang. Selain itu juga lagi males pula untuk pakai kentang rebus karena harus mengukus dan menghaluskan kentangnya. Toh cara membuat donat kentang dari tepung kentang juga tidak beda jauh bukan dengan resep donat aslinya. paling bedanya cuma tambahan airnya saja.

Untuk membuat donat kentang ini, resepnya dasarnya sendiri aku pake Donat - Versi Manfred Lange & Bogasari Baking Center. Memang ada sedikit modifikasi sih di resep donat kentang yang aku bikin ini. Perbedaannya cuma tepung terigu dikurangi 200 gr an diganti dengan sisa stok tepung kentang yang ada di rumah. Walaupun baru pertama kali membuatnya, ternyata rasa donat kentang modifikasi dari tepung kentang ini rasanya mantap sekali. Mengembang sempurna, enak, empuk dan tidak bantat donatnya. Yuk coba resep donat kentang ala aku ini dibawah bahannya.

resep donat kentang empuk
resep donat kentang

Bahan bahan untuk Donat Kentang


  1. 600 gr tepung terigu protein tinggi
  2. 200 gr tepung terigu serbaguna
  3. 200 gr tepung kentang
  4. 120 gr gula pasir
  5. 40 gr susu bubuk
  6. 15 gr ragi instant
  7. 15 gr garam
  8. 15 gr baking powder
  9. 1 gr vanili bubuk
  10. 100 gr telur
  11. 440 ml air
  12. 150 gr margarine
  13. Minyak goreng secukupnya.


Cara membuat donat kentang


  1. Masukkan tepung terigu sebanyak 600 gram bersama dengan 200 gram tepung kentang susu, 200 gram gula pasir, ragi instan, garam dapur beryodium, 15 gram baking powder dan vanili dalam wadah adonan kemudian aduk semua bahan tersebut sampai benar benar rata.
  2. Tambahkan dan masukkan telur ayam bersama dengan 440 ml air dan 150 grammargarine kemudian aduk lagi dengan tangan atau uleni semua bahan hingga adonan donat kentangnya kalis. Kalau perlu bisa ditambahkan sedikit air hingga benar-benar kalis.
  3. Setelah adonan resep donat kentang kalis, ambil secukupnya kemudian bulatkan adonan dan bentuk dengan rapi.
  4. Setelah terbentuk kemudian diamkan adonan donat yang sudah terbentuk hingga mengembang selama kurang lebih 10 menit. Jangan lupa tutup dengan kain ya supaya donat kentangnya mengembang sempurna.
  5. Setelah itu kempiskan adonan diatas dengan cara dipukul pukul pakai tangan.
  6. Setelah kempes, ambil adonan resep donat kentang tadi dan timbang dengan berat kurang lebih masing masing 50 gr.
  7. Bentuk adonan tadi dan bulatkan kemudian diamkan kembali adonan tadi selama kurang lebih 15 menit.
  8. Ambil loyang dan beri taburan sedikit tepung supaya tidak lengket dan letakkan adonan donatnya kemudian sedikit tekan adonan supaya sedikit pipih.
  9. Selanjutnya cetak masing adonan yang sudah ditimbang dan dibulatkan dengan tangan atau lebih bagus menggunakan cetakan donat.
  10. Setelah semua dicetak lalu diamkan lagi donat yang sudah dibentuk selama kurang lebih 30 menit di dalam lemari pengembang.
  11. Siapkan wajan penggorengan dengan minyak cukup banyak.
  12. Ambil adonan donat kemudian masak dan goreng masing masing donat sampai matang dan berubah warna.
  13. Setelah matang angkat dan tiriskan sebelum diberi topping. Untuk yang cari topping aneka warna dan rasa, silahkan coba aneka resep topping donat.


Selesai sudah dan simpel bukan cara membuat donat kentang dari tepung kentang tadi. Setelah resep donat kentang selesai ditiriskan dan dingin bisa dihiasi dengan aneka toping atau sesuai selera. Untuk resep lainnya yang wajib dicoba adalah Resep Bolu Gulung Panggang dan Cara Membuat Cheese Butter Cake.